5 tips menciptakan rumah yang penuh kedamaian

75626997_XS

Semua manusia menginginkan rumah yang tenang dan penuh kedamaian. Ternyata, rasa damai ini tidak dipengaruhi oleh ukuran maupun harga sebuah rumah. Tetapi hal ini datang dari suasana yang kita ciptakan di dalam rumah. Berikut 5 tips untuk menciptakan rumah yang menenangkan jiwa.

  1. Rapihkan rumah.

Salah satu penyebab utama rasa stress saat kita berada di rumah adalah rumah yang berantakan. Banyaknya barang-barang yang tercecer (clutter) di semua tempat menimbulkan kesan ‘bising’. Saat ini, tren gaya hidup dengan memiliki barang yang lebih sedikit atau biasa disebut dengan ‘living less’, mulai banyak dianut oleh masyarakat dunia. Dengan mengeluarkan barang-barang yang tidak lagi terpakai dan hanya menyimpan benda-benda yang penting, bermakna dan memberikan kenangan positif bagi kehidupan kita, akan merubah suasana rumah dan menjadikannya tampak lebih ‘sunyi’. Tren ini tidak hanya sehat bagi ‘dompet’ karena menjadikan kita hidup lebih hemat, tetapi juga menyehatkan bagi jiwa kita karena mengurangi ketergantungan kita kepada benda-benda yang sebenarnya tidak kita perlukan.

2. Gunakan warna-warna yang menenangkan.

Cara berikutnya untuk menciptakan suasana rumah yang tenang adalah dengan memilih warna-warna yang menenangkan. Warna neutral seperti putih, krem, abu-abu muda dan khaki bisa digunakan sebagai warna dasar seperti warna dinding. Saat memilih furnitur, jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan warnanya agar tetap senada dengan warna background yang telah anda pilih. Anda bisa saja mengganti warna sofa lama, mengganti warna tirai atau mengecat ulang furnitur lama agar tercipta susana rumah yang baru yang lebih menenangkan.

3. Masukan unsur alam ke dalam rumah.

Anda cukup beruntung jika memiliki halaman yang luas dimana anda bisa membuka jendela untuk menikmati suasana alam. Tetapi, anda juga menciptakan suasana alam di dalam rumah dengan meletakkan tanaman di berbagai sudut rumah. Selain tanaman, unsur air juga baik digunakan di ruang duduk atau teras. Suara air memberikan nuansa kedamaian di dalam rumah.

4. Gunakan material yang lembut

Material lembut seperti katun, akan memberikan suasana nyaman dan tenang daripada bahan keras seperti kulit. Penggunaan furnitur kayu juga memberikan nuansa alami yang mendamaikan daripada material besi dan kaca. Jika anda terlanjur memiliki sofa kulit, gunakan banyak bantal yang menggunakan bahan lembut seperti wol dan katun untuk mengurangi kesan ‘keras’ dari bahan kulit. Menggunakan karpet/rug di beberapa bagian rumah juga memberika suasana lembut dan mengurangi kesan ‘dingin dan keras’nya lantai.

5. Buka jendela

Salah satu kunci rumah yang tenang dan damai adalah lancarnya putaran udara di dalam rumah. Buka jendela serta pintu di pagi hari untuk mengisi oksigen di dalam rumah secara maksimal. Jika suhu mulai panas menjelang pukul 11 pagi, anda bisa menutup pintu tetapi tetap membuka jendela agar angin tetap bisa masuk ke dalam rumah. Jika anda memakai pengatur suhu ruangan atau AC, anda bisa menutup jendela rumah. Setidaknya, setiap ruangan di rumah harus mendapat putara udara segar di pagi hari.

Demikian tips dari kami, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua🙂

 

Salam,

Tim Benerin Rumah

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s