Membuat “Inspiration Board” untuk rumah

 

 

Setiap orang ingin rumah yang cantik. Tapi tentunya tidak setiap orang punya budget yang cukup besar untuk langsung menjadikan mimpinya menjadi kenyataan. Namun kelemahan bagi yang ingin mempercantik rumah dengan cara mencicil adalah biasanya barang-barang yang kita beli menjadi tidak serasi dengan barang-barang yang ada di rumah. Sehingga bukannya tampil cantik serasi, rumah malah terlihat berantakan.

Oleh sebab itu penting sekali untuk menciptakan “inspiration board”  untuk membantu kita memberi arah saat kita berbelanja barang-barang rumah. Berikut beberapa tips untuk membuat Inspiration Board:

1. Beli majalah-majalah dan buku-buku yang memiliki banyak foto dengan desain yang sesuai dengan gaya/style yang kita inginkan. Memilih bersama pasangan atau orang-orang yang akan tinggal serumah, mungkin bisa menjadi alternatif yang baik. Sedikit tips, sebaiknya buat board terpisah untuk setiap ruangan di rumah mengingat bahwa masing-masing ruangan memiliki desain berbeda.

2. Kumpulkan contoh-contoh warna cat sebagai bahan referensi. Contoh cat ini bisa dibeli di toko-toko bahan bangunan dengan kisaran harga Rp. 25.000,- samapai Rp. 50.000,- /buku. Namun beberapa toko menyediakan lembaran-lembaran sample yang bisa diambil secara cuma-cuma.

3. Kumpulkan contoh kain untuk tirai dan sofa. Contoh-contoh kain ini tentu bisa diperoleh di toko-toko kain. Namun banyak toko tidak menyediakan potongan kecil sehingga kita perlu membeli sedikit sample. Pilih juga sample kain untuk bantal-bantal sofa. Jangan lupa untuk mencatat harga dari masing-masing sample bahan.

4. Jika dimungkinkan anda juga perlu mengumpulkan sample bahan-bahan yang sifatnya berupa aksen seperti mozaik, batu alam dan wallpaper. Bahan-bahan ini tentu akan turut memberi suasana berbeda di ruangan sehingga sebaiknya juga hadir dalam Inspiration Board.

5. Siapkan bahan-bahan penunjang seperti papan tripleks atau impra board. Kemudian untuk menempel gunakan double tape atau lem tembak atau lem super, mengingat ada bahan-bahan seperti batu alam yang harus ditempel. Semua bahan-bahan ini bisa didapatkan di toko alat-alat tulis.

6. Kerjakan Inspiration board dimulai dengan gambar-gambar ruangan, kemudian gambar-gambar furniture, dilanjutkan dengan gambar-gambar dekorasi seperti lampu, cermin, foto frame, sarung bantal, dll. Baru kemudian tempelkan contoh bahan-bahan bangunan disekitar gambar-gambar ruangan. Tambahkan juga berbagai hal menarik yang bisa anda temukan di majalah jika menurut anda layak dipajang di ruangan tersebut.

7. Setelah papan Inspiration Board ini selesai, anda bisa memotret dan menyimpannya di dalam handphone  atau dalam bentuk yang lebih mudah untuk dibawa-bawa. Dengan demikian setiap anda berkunjung ke toko atau tiba-tiba tergoda dengan ‘sale’, anda tetap bisa memilih barang-barang yang sesuai dengan desain awal yang direncanakan. Pada akhirnya anda akan mendapatkan rumah yang lebih serasi dan cantik.

Demikian tips dari kami, semoga bermanfaat🙂

Foto dari mymodernmet.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s