Menciptakan kesan luas di rumah mungil

Dengan tingginya harga lahan serta rumah developer saat ini, secara umum luas bangunan rumah mungil memang sangat terbatas. Bagaimana mengakali ukuran rumah mungil anda agar terlihat lebih luas? Berikut beberapa tipsnya.

1. Kurangi jumlah barang.

Hal paling utama untuk membuat kesan rumah yang luas adalah dengan mengurangi jumlah barang atau biasa disebut dengan de-clutter. Biasakan untuk mengeluarkan/menyaring barang-barang dirumah secara berkala sekitar 6 bulan sekali. Dengan demikian rumah mungil anda tidak terbebani dengan barang yang tidak lagi digunakan.

2. Pilih furniture yang tepat.

Untuk furniture rumah mungil pilih sofa yang rendah baik dudukan maupun senderannya. Usahakan jangan menggunakan sofa yang memiliki lengan kiri/kanan. Pilih juga coffee table yang rendah. Jika ada pilihan meja yang menggunakan kaca pada bagian atas, dapat membuat kesan ruangan lebih luas.  Untuk kursi makan pilihlah senderan yang tidak terlalu tinggi serta tidak memiliki lengan sehingga berkesan lebih ramping.  Pilihan meja makan dengan bagian atas kaca juga membuat ruangan berkesan ringan dan luas.

3. Gunakan warna-warna terang.

Pilihan warna dinding yang terang disertai pilihan warna furniture yang serupa membuat perbedaan yang sangat signifikan pada rumah mungil. Usahakan agar seluruh furniture menggunakan warna yang serupa sehingga tercipta warna interior yang monokrom. Warna monokrom membuat kesan ruangan lebih luas dari rumah yang berisi furniture warna-warni.

4. Gunakan cermin.

Pada ruangan-ruangan tertentu, tempelkan cermin tanpa frame di dinding. Keberadaan cermin memperpanjang jarak pandang sehingga seketika membuat ruangan dua kali lebih luas dari sebenarnya. Cermin ini bisa dipesan pada tukang kaca manapun sekalian meminta mereka untuk menempelkannya di dinding. Cermin juga dapat dibuat berpola seperti kotak-kotak sehingga ruangan menjadi lebih manis.

5. Perbanyak jendela.

Jika anda memiliki cukup budget gunakan untuk menambah jendela dirumah anda. Dengan banyaknya cahaya masuk membuat kesan ruangan menjadi lebih luas. Jendela juga memperpanjang jarak panjang anda dirumah.

6. Perbanyak tempat penyimpanan

Setiap barang harus memiliki rumah. Itulah prinsip yang harus diterapkan dirumah. Jika ada barang yang belum memiliki tempat, harus dibuatkan tempatnya atau memang barang tersebut sudah tidak lagi layak berada dirumah anda. Dengan menyimpan semua benda dirumah dengan rapih suasana rumah langsung terasa lega.

Demikian tips dari kami untuk rumah mungil anda. Semoga bermanfaat🙂

Salam,

Tim Benerin Rumah

One thought on “Menciptakan kesan luas di rumah mungil

  1. asbial says:

    Terimakasih tips yang diberikan, semoga bisa menjadi referensi saya dalam menata ruangan, karena saya juga sedang merencanakan untuk merenovasi rumah kami yang mungil dengan ukuran tanah 13 m x 6m.tks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s