Membersihkan rumah setelah banjir

Kota Jakarta saat ini cukup sering mengalami banjir. Bagi teman-teman yang memiliki saudara atau rekan  yang rumahnya terkena musibah banjir, berikut beberapa tips untuk membersihkan rumah setelah terkena banjir.

1. Keluarkan sebanyak-banyaknya lumpur dari dalam rumah dengan menggunakan sekop.

2. Gunakan selang air untuk membersihkan sisa-sisa lumpur dari bagian bawah furniture, lantai serta sudut-sudut ruangan. Menggunakan serokan yang terbuat dari bahan karet akan sangat membantu mengingat bahan karet mendorong lumpur dan air secara bersamaan.

3. Rendam peralatan dapur atau makan di dalam air yang sudah dicampur dengan pemutih (2 sendok makan untuk satu ember) selama 10 menit. setelah itu biarkan kering tanpa dilap.

4. Untuk alat makan yang terbuat dari bahan metal seperti sendok, rebuslah dalam air mendidih selama 10 menit.

5. Lemari-lemari yang terkena lumpur dan banjir dilap sampai bersih dengan menggunakan air yang telah dicampur pemutih pakaian. Biarkan lemari benar-benar kering baru masukkan kembali barang-barang.

6. Keringkan pakaian atau karpet sesegera mungkin untuk menghindari bau lembab. Jemur dan anginkan di area terbuka.

7. Pasanglah kipas angin di dalam rumah serta buka lebar-lebar jendela agar sirkulasi udara dalam rumah berputar dengan cepat.

8. Jika terkena sofa, maka sebaiknya panggil atau bawa sofa anda ke tukang sofa untuk dicuci/dibersihkan secara profesional.

9. Mainan terutama boneka sebaiknya dibuang mengingat benda-benda ini sudah terkontaminasi banjir yang umumnya membawa berbagai kuman penyakit berbahaya.

10. Bersihkan dinding bekas banjir menggunakan sponge basah yang telah diberi sedikit sabun cuci piring. Bila cat mengelupas, tunggu sampai benar-benar kering selama beberapa hari baru cat ulang dinding.

11. Jika titik listrik anda ikut terendam maka sebaiknya sebelum menyalakan listrik kembali, periksalah bagian dalam menggunakan cotton bud. Jika masih basah, sebaiknya anda memanggil tukang listrik agar masing-masing titik diperiksa satu persatu kondisinya.

12. Sediakan plastik sampah dan pilah-pilah barang-barang yang sudah tidak mungkin terselamatkan. Semakin anda cepat mengeluarkan barang-barang ini, semakin cepat rumah anda terhindar dari bau lembab serta berbagai penyakit.

13. Hal terakhir yang bisa anda lakukan adalah berikan pewangi pada ruangan anda agar kesan dan bau lembab menghilang. Anda bisa menggunakan semprotan pengharum ruangan atau bisa juga membakar minyak pewangi ruangan.

Demikian tips dari kami semoga bermanfaat bagi teman-teman semua.

Salam,

Tim Benerin Rumah

One thought on “Membersihkan rumah setelah banjir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s