Tips membeli sofa yang tepat

Sofa merupakan salah satu unsur penting dalam rumah kita. Sofa umumnya kita gunakan dalam jangka waktu yang cukup lama antara 5 sampai 10 tahun. Mengingat harganya yang tidak murah, serta waktu pemakaiannya yang cukup lama, maka sebaiknya kita memilih sofa yang tepat sesuai dengan tema dan desain ruangan serta sesuai dengan kepribadian kita. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih sofa yang tepat.

1. Pastikan anda telah mengukur ruangan atau tempat dimana sofa akan diletakkan. Jangan lupa menyisakan tempat sekitar sofa jika anda ingin meletakkan meja kecil (side table). berikan ruang selebar 60cm untuk meja sudut ini.

2. Tentukan tema serta warna dari sofa. Bila ruangan telah ada maka sebaiknya anda mengikuti tema serta warna yang ada diruangan. Sedangkan jika sofa dibuat untuk ruangan baru maka anda bisa lebih bebas memilih tema serta warna dari ruangan tersebut. Namun secara umum, kami sarankan untuk memilih warna-warna netral seperti putih, hitam, krem, khaki, atau abu-abu, mengingat warna-warna sangat mudah dipadankan dengan warna lain dalam ruangan. Warna-warna ini juga bertahan lama terhadap trend yang datang silih berganti.

3. Kumpulkan gambar-gambar inspirasi yang bisa anda dapatkan dari majalah, buku atau internet. Dari beberapa pilihan yang ada, sisakan hanya 3-4 pilihan desain dan jadikan gambar-gambar ini sebagai patokan saat anda berbelanja sofa.

4. Saatnya mencari tukang sofa. Harga sofa saat ini cukup bervariasi. Untuk kelas tukang sofa pinggir jalan, harga dimulai dari sekitar Rp. 850rb – Rp. 1,2jt/seat. Namun anda sebaiknya melihat terlebih dahulu hasil akhir dari sofa yang mereka kerjakan. Sedangkan untuk sofa yang dibuat oleh toko-toko sofa, harga yang diajukan berkisar dari Rp. 1,5jt – Rp. 2jt/seat. Beberapa toko sofa yang mengerjakan sofa kualitas import mengenakan harga dikisaran Rp. 3jt Rp. 4jt/seat. Yang perlu anda ingat adalah bahwa harga ini BELUM termasuk harga kainnya.

5. Memilih kain sofa. Secara umum bahan sofa dapat dibedakan menjadi dua macam. Ada yang terbuat dari bahan katun atau juga bahan bahan chennyle. Bahan  chennyle merupakan bahan yang saat ini sedang tren. Berbeda dengan bahan katun dan polyester biasa, bahan chennyle memiliki bulu halus seperti beludru. Bahan ini memiliki banyak sekali pihan pola yang cantik. Kisaran harga bahan katun umumnya lebih murah dari bahan chennyle yaitu berkisar Rp. 70rb – Rp. 180rb/m1. Sedangkan untuk bahan chennyle lokal polos berkisar di Rp. 60rb. Namun untuk yang import bisa mencapai Rp. 200rb – 300rb/m1

6. Saat anda siap memesan sofa, cobalah ke dua tempat dengan kualitas yang sama untuk membandingkan harganya. Bila anda menyukai kualitas sofa di salah satu tempat namun tidak ada pilihan kain yang disukai, maka anda bisa membeli kainnya secara terpisah untuk kemudian membawanya ke tempat sofa. Cara ini dapat menghemat biaya cukup besar.

7. Saat sofa dikirim sebaiknya saat anda berada di rumah. Dengan demikian anda bisa langsung memeriksa kekurangan atau kerusakan saat dikirim dan bisa segera membuat catatan. Dengan demikian perbaikan dapat langsung dikerjakan.

Demikian tips dari kami dan semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Benerin Rumah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s