Tips Merenovasi Rumah

Membangun ataupun merenovasi rumah merupakan sebuah pekerjaan yang membutuhkan kecermatan hingga kebagian detailnya. Jika tidak demikian, tidak tertutup kemungkinan biaya besar yang telah dikeluarkan akan menjadi sia-sia.

Lalu, langkah-langkah apa sajakah yang perlu dilakukan ketika merenovasi rumah?

1. Membuat prioritas. Jika tidak akan melakukan renovasi besar-besaran, tiliklah bagian-bagian yang memang mau diperbaiki. Kayu yang lapuk, kebocoran pada langit-langit,atau dinding eksterior rumah yang ditumbuhi jamur tentu harus diperbaiki. Bukan hanya untuk estetika, tetapi juga untuk keamanan Anda jika ingin mengganti suasana, perbaikan di bagian tersebut bisa sekaligus mengganti desain. Sebagai contoh, bagian langit-langit yang bocor bisa sekalian diganti dengan gypsum, jika sebelumnya menggunakan papan kayu biasa, sehingga rumah terlihat lebih luas tanpa ada garis sekat. Dalam proses ini Anda pun sekaligus mengubah tata letak lampu yang terjadi bersifat konvensioanal, diganti dengan teknik downlight, dimana lampu terlihat menjorok kebagian dalam. Meski hanya memperbaiki satu area, Anda pun bisa mendapatkan hasil yang sangat berbeda dari sebelumnya.

2. Selain memperbaiki bagian yang rusak, sesuaikanlah renovasi dengan kebutuhan keluarga. Misalnya membuat arena bermain untuk anak, terutama jika memiliki balita, dan membuat rumah dengan minim sekat agar leluasa bergerak. Lain halnya jika anda memiliki keluarga besar yang sering berkumpul, memiliki ruang keluarga yang cukup lapang sebaiknya di prioritaskan.

3. Membuat rencana pembangunan secara detil, sesuai dengan keinginan.
Apabila menggunakn jasa arsitek atau kontraktor, bahaslah setiap perubahan dan pembangunan yang ingin anda lakukan untuk menemui kesepakatan bersama. Demikian pula halnyajika ada perubahan diluar rencana yang terjadi karena suatu kondisi, sebaiknya pihak kontraktor membicarakan terlebih dahulu dengan Anda.

4. Jika rumah yang dibangun atau direnovasi letaknya berjauhan dengan tempat anda tinggal, tinjaulah rumah secara berkala untuk memeriksa perkembangan dan menilik jika ada kekurangan yang terjadi. Pengawasan sangat diperlukan untuk memastikan proses berjalan lancar. (kompas)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s