Membuat rumah aman bagi anak-anak

Teman-teman BR yang baik,

Kita tentu merasa bahwa kita telah membuat rumah kita seaman mungkin bagi anak-anak kita. Namun dari hasil survey di Amerika, angka kecelakaan dirumah sangat tinggi yaitu sebesar 4,7 juta setahun. Sayangnya di Indonesia kita tidak memiliki angka yang jelas.

Berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk membuat rumah kita aman bagi anak-anak.

1. Amankan dari listrik

Banyak sekali kasus anak-anak yang terluka atau bahkan meninggal karena tersengat listrik. Oleh sebab itu jika memungkinkan gunakan stop kontak listrik yang bertutup. Alternatif lainnya, anda juga dapat menutup stop kontak yang tidak digunakan dengan bahan karton. Bagi yang menggunakan perpanjangan kabel, sebaiknya posisi sambungan kabel-kabel diletakkan di bagian yang tidak mudah dijangkau oleh anak-anak.  Misalnya dibagian belakang lemari.

2. Amankan dari panas dan api

Sebisa mungkin jauhkan anak-anak dari area dapur. Jika anda memiliki bayi dan harus meninggalkannya untuk memasak, letakkan anak di kursi bayi dengan posisi yang mudah dilihat. Bila anak anda berusia 2-5 tahun, berikan mainan yang menenangkan seperti krayon dan kertas untuk menggambar.  Dengan demikian anda memiliki waktu 15-30 menit untuk memasak.

3. Keamanan di kamar mandi.

Saat anak-anak mandi, usahakan agar pintu selalu terbuka. Beberapa anak senang bermain dengan kunci yang menyebabkan mereka terkunci di kamar mandi. Bila anak anda berendam di bak maupun di ember, jangan mengisi air terlalu penuh. Banyak kasus anak-anak tenggelam saat mandi. Untuk anak-anak dibawah 3 thn, selalu sertai mereka didalam kamar mandi.

4. Usahakan agar pintu rumah selalu tertutup saat siang hari, mengingat anak-anak dengan sangat mudah berlari keluar sendiri.

5. Jika anda menggunakan teralis jendela, usahakan agar ada satu jendela yang dapat dibuka dan ditutup. Sehingga bila terjadi kebakaran, seluruh keluarga tahu harus keluar dari jendela tersebut.

6. Jika memungkinkan gunakan alat-alat pengaman pada pintu, jendela, serta lemari agar anak-anak tidak terjepit saat membuka dan menutupnya.

7. Jauhkan semua hiasan gantungan dari jangkauan anak-anak. Terutama, jangan meletakkan hiasan gantungan diatas tempat tidur bayi dimana anak-anak akan berusaha menjangkaunya. Ini juga berlaku dengan barang-barang di lemari. Jangan biarkan ada benda-benda tergantung yang dapat menarik perhatian anak-anak.

Demikian tips dari kami. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Benerin Rumah

kids

2 thoughts on “Membuat rumah aman bagi anak-anak

  1. Yeyen Rachmat says:

    Thank you banget ya tips2 nya. Salut buat kamu2 Tim Benerin Rumah, Ide yang OK, karena seringkali kita punya masalah missing instruction dengan tukang langsung, kalau pakai kontraktor harus kerjaan besar…
    Fee nya mahal gak sih ?

    • benerinrumah says:

      Dear Ibu Yeyen,

      Terima kasih ya atas emailnya. Pada dasarnya biaya kami sama seperti biaya tukang yang ada saat ini. Diluar itu tidak ada biaya lagi kecuali bila diluar Jakarta.

      Penjelasan mengenai biaya-biayanya ada di halaman ‘Layanan’.

      Demikian penjelasan kami.
      Senang sekali bisa berkenalan dengan ibu.

      Salam,
      Tim Benerin Rumah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s