MERAPIHKAN MAINAN ANAK-ANAK

24 Mar

Apabila anda pernah merasa kewalahan karena mainan anak anda yang semakin bertumpuk membuat rumah anda berantakan, cobalah tips berikut. Jangan lupa mengajak serta anak-anak saat merapihkan mainan. Suatu saat mereka akan merapihkan sendiri tanpa dibantu :)

Berikut beberapa tips yang mungkin berguna.

1. Pisahkan mainan sesuai jenisnya, seperti boneka, mainan bergerak seperti kereta api, mainan blok, puzzle, dll. Sisihkan mainan yang tidak lengkap dan keluarkan selamanya dari rumah anda.

2. Tentukan batas. Alangkah baiknya jika anda meiliki boks atau lemari mainan terpisah. Bila anak anda memiliki mainan baru yang tidak lagi bisa muat di lemari mainan, maka mainan lama mereka harus keluar. Memberikan mainan yang masih dalam kondisi baik kepada yayasan anak-anak memberikan contoh yang baik bagi si kecil.

3. Tentukan tempat pasti. Setelah anda memisahkan mainan yang rusak serta menyumbang mainan yang sudah tidak digunakan, maka anda telah memiliki jumlah mainan yang optimal. Buatlah kotak-kotak terpisah (dari plastik atau kotak bekas lainnya) dan tempelkan foto mainan tersebut sehingga anak anda bisa menyimpannya kembali.

4. Mudahkan akses mengambil dan menyimpannya. Letakkan mainan yang sering dimainkan oleh anak anda di rak bawah agar mudah diambil dan dikembalikan. Masukan juga mainan-mainan yang sering digunakan pada kotak tanpa tutup agar mudah diambil dan disimpan. Kumpulkan juga alat-alat gambar dalam satu kotak terpisah.

5. Perhatikan keamanan. Letakkan mainan yang cukup berbahaya dan perlu pengawasan di rak bagian atas. Sedangkan untuk mainan yang berat, jangan diletakan di atas yang dapat dijangkau si kecil.

6. Ajarkan secara bertahap. Si kecil perlu diajarkan penempatan mainannya. Ajarkan secara perlahan di mana anda menyimpan boneka, mobil, krayon, dll. Lakukan ‘games’ tebakan dengan mengajukan pertanyaan mengenai tempat penyimpanan ini.

7. Menjadi kreatif. Kotak-kotak mainan anak tidak harus mahal. dari kotak bekas apapun anda bisa membungkusnya dengan kertas kado atau mengecatnya dengan cat tembok dan berilah gambar-gambar cantik atau tempelkan guntingan gambar dari majalah.

8. Disiplin. Untuk menjaga terus kerapihan mainan anak, anda perlu untuk bersikap disiplin. Ajarkan pada anak bahwa merapihkan mainan setelah digunakan adalah pekerjaan yang biasa dan wajib dilakukan oleh semua orang.

Selamat mencoba :)

Tim Benerin Rumah

About these ads

2 Responses to “MERAPIHKAN MAINAN ANAK-ANAK”

  1. irma BonekahortadanPoti August 30, 2010 at 2:20 pm #

    nice post..good blog..:)
    tetap berkarya..

    salam kenal juga..ditunggu kunjungan baliknya..

    • Admin Rumah September 20, 2010 at 5:53 pm #

      Halow Mbak Irma,

      Makasih yah, kami pasti mampir di blognya :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,524 other followers

%d bloggers like this: